Membuat Login multi User Delphi 7


membuat form login borland delphi 7 dan microsoft acces
Belajar Pemrograman Delphi Terkadang sulit bagi pemula yang mencari bagaimana cara membuat sebuah form login dengan banyak user menggunakan DataBase hal seperti itu juga pernah saya alami,,,,,di dini saya ingin sedidit memberi Tutorial bagaimana cara membuat form login multi User pada Delphi. Langkah pertama yang harus kita lakukan tentu membuat database terlebih dahulu, di dini saya menggunakan Msc Acces 2013. Langsung saja kita buat Databasenya..........!!!!
Open(" Msc Acces atau klik STAR-all Program-Microsoft Office 2013 atau 2007- pilih Acces 2013/2007").pilih Blank Dekstop DataBase maka atau tampil dialog seperti gambar di bawah
membuat database microsoft acces
tampil dialog untuk "Nama dan penyimpanan DataBase" nama dan penyimpanan database nya bebas tergantung aplikasi apa yang akan kamu buat. di sini saya beri contoh "Latihan".

pada saat penyimpanan pada DataBase acces ada beberapa pilihan Dari berbagai versi database acces sebelumnya dan juga berbeda formatnya. Untuk Acces 2013 ("accdb") dan untuk 2000 atau 2000-2003("mdb") di sini saya ingin pakai Acces 2013 yang berformat "accdb" intinya sama saja baik itu format "mdb" maupun "accdb" yang membedakan mungkin pada saat pengkoneksian databasenya.
klik OK lalu create.
 
Selanjutnya kita buat Table
klik Table1 Lalu view maka akan tampil dialog untuk membuat nama table.misal nama tablenya Login lalu klik OK. maka akan tampil sepeti gambar di bawah.
 
isi database acces

buat kolom pada table Login

User
Short Text
Password
Short Text
mengapa password data typenya "Short Text" untuk meminalisir yang memungkinkan Password menggunakan carakter angka dan huruf. jika sudah Save lalu close
Selanjutnya Buka Aplikasi Borland Delphi lalu masukan component 1 Pane2 Label, 2 EditText dan 2 Button contoh seperti gambar di bawah

membuat form login delphi 7
sediakan AdoTable dan Ado Connection untuk Mengkoneksikan DataBase dan mengambil Table Login pada database.
pada AdoConnection1 pilih Connection String pada pallete properties lalu klik maka akan tampil dialog untuk mengkoneksikan database
ADO Connection1
lik Build akan tampil dialog lagi untuk memilih provider yang akan di koneksikan
koneksi database dengan delphi 7
di sini saya pilih "Microsoft Office 15.0 Acces Database" karna saya menggunakan Acces 2013 kalau
(Microsoft Office 12.0 Acces Database" untuk Acces 2007)  dan (Microsoft Jet 4.0 untuk Acces format ("mdb")). double klik atau pilih Connection lalu masukan Data Source. pada Data Source masukan dimana tempat penyimpanan database dan nama database nya ("Latihan.accdb") .Lalu Test Connection jika Succeded maka Berhasil dalam pengkoneksian databasenya
keberhasilan koneksi database
 
 alu klik component AdoTable pilih Connection String juga Lakukan seperti pengkoneksian pada AdoConnection1.lalu TableName ("Login") dan Active ("true")
jika langkah-langkah di atas telah selesai Selanjutnya Double klik Button Login masukan coding dibawah...........!!!!!
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
ADOTable1.Refresh;
ADOTable1.First;
while not ADOTable1.Eof do
begin
if (Edit1.Text =ADOTable1['User']) and (Edit2.Text =ADOTable1['Password']) then
begin
form2.Show;
form1.Hide;
exit;
end;
ADOTable1.Next;
if (Edit1.Text =ADOTable1['User']) and (Edit2.Text =ADOTable1['Password']) then
begin
form2.Show;
form1.Hide;
exit;
end;
if ADOTable1.Eof then
begin
MessageBox(handle,'Password atau user yang dimasukan salah','Error',MB_ICOnerror);
Edit1.Text := '';
Edit2.Text := '';
Edit1.SetFocus;
end;
 end;
Lalu double klik tombol Batal masukan coding "application.Terminate;"
jika suda coba anda Run.
Selanjutnya Kita desain Form Loginnya Untuk mempercanti tampilan Form kita coba gabungkan animasi Flash pada Form.Langkah yang harus di lakukan anda sediakan Component ("ActiveX") untuk memanggil animasi berformat "swf" jika pada Delphi anda belum menyediakan component ActiveX anda coba lakukan Langkah-langkah seperti di bawah.
pertama pilih component pada menu lalu pilih import "ActivX Control"

pemilihan animasi
pada Import ActivX pilih Shockwave Flash [version 1.0] lalu klik tombol install dan Ok.
lalu lihat bagian kanan pada tab Componen.
 
jika sudah masukan component Shockwave Flash pada form login.
lalu copy animasi berformat swf ke folder aplikasi Login misal disini saya memasukan animasi swf yang bernama "login.swf"  lalu double klik pada form1 Lalu masukan Coding di bawah :
ShockWaveFlash1.Movie := GetCurrentDir + '/login.swf';
ShockWaveFlash1.Play;


Hasil Desain Jika di Jalankan maka Gambar Animasi akan Bergerak. Jika anda sudah melakukakan langkah-langkah diatas coba anda Run aplikasi Login nya......!!!! Sedikit Informasi dari saya semoga bermanfaat Terus Belajar Jangan Takut salah karna Kesalahan yang akan membuat kita mengerti.
dari form ini mungkin kalian bisa menggabungkan dengan program penghitung usia yang pernah saya tulis sebelumnya.

Related Posts:

3 Responses to "Membuat Login multi User Delphi 7"